Monday, August 20, 2007

Bukan lagi teman

Di tengah persaingan yang ketat, operator telepon seluler mengeluarkan beberapa paket percakapan untuk menarik pelanggan.

Salah satu teknik yang dipakai adalah dengan menawarkan pembicaraan murah antara orang yang memiliki jejaring telepon yang sama. Misalya, jika anda pelanggan Mentari maka anda mendapat potongan besar jika berbicara atau mengirim pesan kepada pelanggan Mentari lain.

Strategi pemasaran ini ternyata berdampak pada pola pertemanan.

Sebuah penelitian di Amerika menyebutkan bahwa jejaring telepon seluler ini adalah cermin dari jejaring pertemanan.

Artinya, diantara teman-teman yang dimiliki oleh seseorang, yang cenderung menjadi teman terdekat adalah mereka yang memiliki telepon dari operator yang sama. Karena komunikasi diantara mereka lebih sering terjadi yang akhirnya membuat mereka menjadi teman dekat.

Jadi disini teknologi merubah pola interaksi sosial.

Saya juga memiliki pengalaman tentang bagaimana teknologi bisa mempengaruhi pola pertemanan saya.

Ada teman dekat saya di Indonesia yang jarang online, akhirnya saya jarang komunikasi dengan dia. Saya lebih sering berkomunikasi dengan kawan yang tidak terlalu dekat - tapi menjadi dekat- karena sering online. Di Indonesia saya coba maen-maen dengan kawan dekat saya itu, tapi ternyata sulit karena sudah banyak yang ketinggalan tentang kehidupan masing-masing (karena itu gosip berguna agar orang tetap bisa tahu apa yang terjadi dengan temannya).

1 comment:

Puspini said...

interesting...Mentari emang strateginya cukup bagus, tp ada bbrp orang yg cukup setia/cenderung fanatik dgn operator tertentu (malas ganti nomer jd faktor jg), sehingga akhirnya 'insentif' dari mentari itu tidak terlalu terpakai, dan meskipun temen2 deket dia mentari, orang ini tetap pake provider lain...

who you hang out with/friends with is determined by the marketing networks? bukannya sebaliknya, what ur cellphone network/other marketing network is determined by how much of your friends are using it?

btw...sape temennya yg di Jkt, bos?;-)